Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Gugus Kebangsaan Provinsi Bali Kembali Gelar Ziarah di Monumen Pejuang Tanah Aron

Kamis, 21 September 2023 | September 21, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-21T11:43:05Z





Karangasem- Rombongan Gugus Kebangsaan (GK) Provinsi Bali diantaranya Monumen Perjuangan Bangsal (MPB), Korps Menwa Indonesia Provinsi Bali, Korps Menwa Ugrasena (KMU), Koperasi  Castrena Sedana Nusantara (KK-CSN) dan Media Atnews menggelar ziarah tabur bunga di Monumen Pejuang Tanah Aron, Karangasem, Kamis (21/9/2023). 

Kegiatan ini sebagai rangkaian Dalam rangka memperingati 78 Tahun Puncak Pertemuan Rahasia Gerakan Bawah Tanah Perang Kemerdekaan RI di Bali 16 Agustus 1945 , sekaligus Hari Ulang Tahun  Ke-59 Menwa Ugracena yang jatuh pada tanggal 29 September mendatang. Penghormatan kepada para Pahlawan Monumen Pejuang  Tanah Aron dipimpin langsung oleh Mumtazah Mardliyah, S.Ked.

Mumtazah yang juga merupakan Kepala Staff Korp Menwa Ugrasena Bali mengatakan bahwa acara itu sebagai puncak agenda ziarah selama rangkaian HUT. Yang mana sebelumnnya juga, pihaknya sudah mengadakan ziarah ke TMP Pancaka Tirta Tabanan, TMP Curastana Singaraja, Taman Pujaan Bangsa (TPB) Margarana, TMP Kretta Kirttya Mandala Gianyar, Tugu Pahlawan Semara Loka Klungkung, dan Tugu Pahlawan Penglipuran Bangli. 

Ia pun mengatakan bahwa sejak usia 1/2 Abad, Menwa Ugracena secara konsisten melakukan safari ziarah dari Monumen ke Monumen di Pulau Dewata. Setiap prosesi ziarah dilanjutkan dengan bakti sosial. "Kegiatan semacam ini dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan sehingga dapat meningkatkan kecintaan terhadap tanah air,"ungkapnya. 

Sementara itu, Pimpinan Perusahaan Atnews, Bambang Suminto mengingatkan bahwa generasi muda sudah sepatutnya melakukan hal seperti ini. Bambang yang juga Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia Prov. Bali (1996-2000) dan Wakil Ketua PWI Bali (2000-2009) menegaskan bahwa generasi penerus harus menjaga nilai-nilai perjuangan dan Jiwa Semangat Nasional 45. 

Usai ziarah, dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi Bangsal oleh Bambang Suminto dan Nyoman Mursa Winata (Redaktur Atnews) beserta pengurus Koperasi Castrena Sedana Nusantara (KK-CSN) terkait capaian lebih dari 10.000 kader bela negara secara swadaya. 

Pada kesempatan tersebut, Ketua PWI Bali, IGN Dwikora juga memberikan apresiasi terhadap penguatan  pengembangan kader bela negara secara berkesinambungan dan sekaligus menandatangani Deklarasi Bangsal bersama Direktur Atnews, I Wayan Artaya, yang sedang melangsungkan pernikahan dengan Ade Anggreni.

Ketua KK-CSN, Triana Yulianda berterima kasih atas dukungan sepenuhnya Gugus Kebangsaan Provinsi Bali terhadap eksistensi koperasi. Selanjutnya Yanda memandu peninjauan lokasi proyek Program Matching Fund terkait pengolahan bambu di Desa Duda Utara, Kec. Selat, Kab. Karangasem. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,  Sekretaris Gugus Kebangsaan Provinsi Bali, Bagus Ngurah Rai beserta elemen pimpinan di Lingkungan Gugus Kebangsaan Provinsi Bali lainnya. (MM)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update