Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bupati Buka PPBN Tingkat Pelajar Sumba Barat

Jumat, 14 Juni 2024 | Juni 14, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-14T03:48:00Z



INTELMEDIABALI  - Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, SH. membuka secara resmi Pendidikan Pendahuluan Bela Negara Tingkat Pelajar SMA/MA, SMK, SMTK di Hotel Karanu Waikabubak dengan jumlah peserta 50 orang siswa dari perwakilan 10 sekolah yang diundang. (12/6/24)

Acara didahului dengan penyematan Baret Ungu Korps Menwa kepada Bupati Sumba Barat yang diberikan Ketua Umum Korps Menwa Indonesia (Ketum KMI) yang diwakili oleh Kepala Staf Korps Menwa Ugracena (Kasmenwa), dr. Mumtazah Mardliyah, S.Ked. Kegiatan dilanjutkan dengan Pengukuhan Pengurus Korps Menwa Indonesia Kabupaten Sumba Barat Periode 2024-2028 melalui Pembacaan Surat Keputusan oleh Kasmenwa Ugracena dan Penyerahan Tunggul Korps Menwa Indonesia secara simbolis oleh Bupati Sumba Barat kepada Ketua KMI Sumba Barat yang terpilih, Enos Umbu Tonda Pandango, S.Pt.

Kasmenwa dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sumba Barat melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga yang telah berupaya merealisasikan program kegiatan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara Tingkat Pelajar berkolaborasi dengan KMI Provinsi Bali (Korps Menwa Ugracena). Tentunya perjalanan membina 11.000 kader bela negara Tingkat TK hingga SMA se derajat dari tahun 2015 - 2024 dengan pola kurikulum PPBN yang selama ini dibuat diharapkan mampu memberi inspirasi bagi Sumba Barat supaya menjadi trend setter atau pioner kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara atau PPBN Tingkat Pelajar sejak dini di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Bupati yang menggunakan Baret Ungu dalam sambutannya memberi penekanan pada Tema kegiatan yaitu Optimalisasi Pembinaan Pendahuluan Bela Negara Melalui Sistem Pelatihan Ama Tokko dimana merupakan upaya membangun potensi Kepemimpinan, Kepeloporan dan Kesukarelawan Pemuda dan Pemudi Tingkat SMA/MA, SMK, dan SMTK untuk menjadi insan pemuda pemudi yang cerdas, tanggap, dan berkompeten bagi masyarakat, Bangsa dan Negara .

Bupati juga mengajak semua yang hadir untuk memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan bela negara serta berharap PPBN bagi generasi muda hari ini dapat menumbuhkembangkan karakter cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai ideologi negara dan rela berkorban untuk bangsa dan negara. Karena pada hakekatnya pembinaan kesadaran bela negara adalah upaya untuk membangun karakter bangsa lndonesia yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme serta ketahanan nasional demi terwujudnya Negara Kesatuan Republik lndonesia yang tangguh.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti Korps Menwa Indonesia Provinsi Bali, Gugus Kebangsaan Provinsi Bali, dan Korps Menwa Sumba Barat oleh Bupati. Pada kesempatan tersebut, Kasmenwa dr. Mumtazah menyerahkan Buku Merangkai Jejak Perjalanan Menwa Ugracena kepada Bupati dan Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kab. Sumba Barat, Lobu Ori, S.Pd, M.Pd. Sementara itu, Ketua Korps Menwa Sumba Barat, Enos U.T Pandango menyerahkan Buku 4 Pilar Kebangsaan kepada para Kepala Sekolah.

Hadir dalam kegiatan ini, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sumba Barat, Imanuel M.Anie, dan pimpinan perangkat daerah terkait, Instruktur dari Korps Menwa Provinsi Bali, I Putu Dharma Putra Adnyana (Assosps Kasmenwa Ugracena), Nanih Suryanih (Waasops Kasmenwa Ugracena) yang didampingi Kabag Diklat, Heldy Ardiansyah. (HLDY/MM)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update