Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Jangan Menyerah Menjadi Jurnalis Yang Jujur Dan Amanah

Kamis, 15 Agustus 2024 | Agustus 15, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-15T12:09:50Z



INTELMEDIABALI.ID 

Tidak di pungkiri pekerjaan Jurnalis sering bersinggungan dengan konflik kepentingan di lapangan , adanya kontrak "mematikan " dengan syarat dan ketentuan yang "merendahkan " juga merupakan masalah yang  Klasik di profesi ini .

Apa Sie sebenarnya Tugas Pokok Dan Fungsi dari Jurnalis itu , berasal dari kata jurnal (Menghimpun data data dan keterangan ) sedang kan Is adalah kata objek nya jadi jurnalis itu seseorang yang tugasnya mengumpulkan data data dan keterangan baik dari sumber ataupun referensi lainnya yang dirangkai menjadi sebuah informasi /Berita yang valid dan independen dengan kaidah dan kode etik profesi yang di lindungi undang undang dan merupakan hasil karya dan sebuah produk . 

Di jaman orde baru kebebasan pers di batasi namun Pasca reformasi sejumlah tokoh tokoh pers duduk bersama sehingga melahirkan UU Pers termasuk salah satu nya adalah organisasi wartawan yang dulu menanungi penulis . Hal ini yang jarang dan mungkin tidak dipahami oleh publik , kebebasan pers juga ada batasan dengan berita berimbang dan beberapa standar baku dalam etika yang terangkum dalam kitab sucinya para insan pers yakni UU Pers tahun 1999.

Persaingan antar organisasi yang masih mau memonopoli sampai saat ini masih menjadi masalah klasik , kualitas dan SDM juga masih menjadi catatan dan PR bagi Pemangku kebijakan di Insan pers , dimana kucuran uang khusus yang dianggarkan untuk media hanya dinikmati segelintir dengan dalll legalitas dan kedekatan dengan pemerintah 

Sosok jurnalis yang idealis  yang berani dan masih memegang teguh kode etik juga masih menjadi barang langka , Tekanan bukan hanya dari luar bahkan dari internal profesi itu sendiri . Idealnya jurnalis tidak boleh di intervensi oleh siapapun dan hanya tunduk dan patuh pada payung hukum UU pers dan ketentuannya 

Seorang jurnalis dan medianya tentunya tidak akan pernah terlepas dan bersinggungan dengan politik , sosial dan budaya yang dimana masih banyak gaya kolot kedaerahan padahal wilayah kerja dan lingkup pekerjaan adalah di seluruh wilayah negara kesatuan Republik Indonesia 

Adapun sebuah perkumpulan di daerah bersifat hanya sebuah keluarga besar yang saling mengenal lintas media yang bertujuan membangun komunikasi yang baik di sesama profesi . Beda halnya dengan sistem organisasi yang dibuat dari pusat sampai ke kabupaten dalam hal kepengurusan . 

Profesi jurnalis adalah profesi yang mulia dimana memberikan informasi yang sebenar benarnya tanpa asumsi dan persepsi dan merupakan sebuah fakta yang tidak bisa di bantah , bahkan dalam hukum yang memerlukan bukti awal dan barang bukti sebuah berita yang valid bisa menghantar kan ke sebuah kasus yang gelap menuju terang benderang melalui sebuah informasi .

Write /Editor : Imam Heru Darmawan 

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update